Senin, 12 Maret 2012

Cara-cara Meningkatkan Kesehatan Mental atau Otak.

Artikel ini memberikan pembahasan mengenai "kesehatan mental" dalam pengertian "kapasitas intelektual" atau "kesehatan cerebral/otak". Disini tidak membicarakan atau menunjuk pada penyakit atau ganguan jiwa/psikiatrik. Berikut ini terdapat beberapa hal dan tips serta trik sederhana yang dapat anda lakukan untuk kesehatan mental/otak anda. Jadikan hal-hal berikut ini sebagai bagian dan rutinitas dalam kehidupan anda yang menyenangkan sekaligus berguna bagi kesehatan mental/otak anda:

1. Membaca
Membaca membiarkan dan membuat pikiran anda menguraikan/menerjemahkan, membeda-bedakan, melakukan interpretasi dan berinteraksi. Membaca juga dapat membangunkan rasa keingintahuan, intelektual atau kecerdasan anda akan tertantang, dan pikiran anda akan terjaga dan selalu anda gunakan.

2.Menulis
Menulis sebuah catatan akan merangsang proses-proses mental dalam diri anda. Tujuan menulis catatan  ini untuk menyediakan dan memberikan kita sebuah cara untuk menejelaskan dan mengatur pikiran kita.
Terdapat beberapa orang menyukai dan selalu menulis jurnal dan diary atau buku harian sebagai suatu cara melepaskan pikiran dan emosi. Menulis dalam kapasitas ini adalah sebuah cara yang baik sekali untuk meningkatkan kemampuan dalam mengamati dan mengingat kembali.

3. Menghafal.
Ketika sesuatu hal menjadi kenangan, "menggunakannya atau kehilangannya" adalah sebuah rekomendasi yang adil. Semakin banyak anda menggunakan kemampuan memori atau daya ingat anda, semakin baik pula kemampuan otak/mental anda dalam mengingat hal-hal tersebut.
Cobalah menghafal menulis ke dalam agenda, daftar belanjaan yang akan anda beli, atau pernyataan, mengacu pada catatan-catatan penting. Tindakan menulis suatu tulisan adapat merangsang dan menstimulasi daya ingat anda. Anda bisa juga mencoba menghubungkan hal  yang satu dengan hal lainnya untuk mengingatkan ingatan anda.

4.Bermain dan Olahraga Otak.
Apakah ilmu matematika, ilmu science atau logika alam, permainan atau game untuk otak membantu menajamkan kejernihan mental/otak anda?. Contoh anda bentuk permainan atau game seperti puzzle teka-teki silang (crossword puzzles), acrostic atau cryptic pussles, ilusi grafis (“graphic illusions" , atau "brain teasers" yang menantang otak anda.

Acrostic merupakan suatu susunan kata-kata, puisi atau tulisan semacamnya, yang mana huruf pertama di setiap baris, atau setiap paragraf, ataupun huruf akhir mengalami pengulangan khusus, yang jika disusun dapat dibaca sebagai sebuah pesan.

Semoga tips dan trik meningkatkan mental atau otak ini dapat menyenangkan sekaligus berguna bagi kesehatan mental/otak anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar