Senin, 24 Oktober 2011

Komunikasi Di Internet


Kegiatan komunikasi begitu penting aplikasinya dalam kehidupan seharihari. Secara aplikatif, komunikasi memiliki banyak sekali bentuk. Dewasa ini, berkat makin majunya teknologi, komunikasi telah berkembang dan berubah bentuknya. Media-media komunikasi sudah makin maju, dan mampu memberikan pelayanan dan fungsi-fungsi yang lebih efektif dan efisien dalam berkomunikasi.
Salah satu media yang mampu melakukan hal ini adalah komputer. Melalui komputer, kini individu dapat mengakses internet. Internet adalah suatu jaringan yang memungkinkan individu-individu untuk saling berhubungan dan mengadakan kontak melalui komputer. Internet mampu mengatasi hambatan jarak dan waktu yang dahulu dirasakan untuk berkomunikasi. Sama seperti komunikasi secara langsung, diasumsikan bahwa komunikasi melalui internet juga dipengaruhi oleh faktor-faktor, seperti faktor-faktor individu.
Dari berbagai sumber, ditemukan pula terdapat faktor-faktor yaitu anonimitas, kesamaan, dan kecemasan pribadi yang dirasa berhubungan dengan komunikasi melalui internet. Sebagai suatu kegiatan komunikasi, komunikasi melalui internet juga memiliki banyak tujuan dalam aplikasinya. Salah satu tujuan tersebut adalah menjalin suatu hubungan dengan orang lain, atau yang disebut juga hubungan akrab. Hubungan akrab atau intimasi sendiri dapat dilihat dari adanya selfdisclosure serta rasa peduli dan sayang antar individu, dan merupakan salah satu wujud hasil dari kegiatan berkomunikasi.
Internet memang media yang sudah lekat dengan masyarakat Indonesia. Terutama adalah anak muda dan juga remaja,remaja saat ini pola pergaulan mereka dipengaruhi dengan internet juga seiring dengan maraknya social media seperti facebook, twitter, youtube dll. Orang mulai bergeser cara berkomunikasi ke ranah digital melalui jejaring sosial media ini. Karena kemudahan dalam menagkses juga karena sudah banyak sekali perangkat mobile yang bisa terkoneksi dengan internet Bahkan dengan iang dibawah 1 juta pun saat ini orang sudah bisa memiliki perangkat mobile yang siap untuk bersosialisasi via facebook maupun twitter.
Tentu ini merupakan kabar yang baik untuk kita semua, dengan banyak masyarakat yang melek teknologi tentu akan membuat jalur komunikasi lebih bervariasi. Ini juga merupakan tantangan bagi banyak perusahaan di Indonesia untuk bisa memanfaatkan media sosial untuk kepentingan brand mereka. Membangun reputasi brand, melakukan promosi dan juga membangun komunikasi dengan menggunakan sosial media sudah selayknya dilakukan oelh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Dengan jumlah penduduk diatas 200 juta dan juga pengguna internet di Indonesia yang terus mengalami peningkatan menjadi internet sebagai peluang dan juga tantangan yang menarik untuk dimanfaatkan. Apakah anda sudah memanfaatkan media sosial untuk bisnis anda?
Saat ini perilaku orang sudah mulai bergeser dari media konvensional ke media digital. Dengan adanya sosial media orang akan berkomunikasi disana baik melakukan pembicaraan tentang pekerjaan mereka,tentang keluarga atau juga tentang brand perusahaan anda. Rekomendasi tentang suatu produk tidak lagi hanya dari teman kantor yang setiap hari ketemu, rekomendasi bisa datang dari teman semasa SD, dari grup-grup yang diikuti dll. Dari hal-hal diatas internet dan sosial media bisa dimanfaatkan dengan menciptakan komunikasi dan juga serangkaian strategi yang baik untuk menjangkau calon konsumen. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan para pekicau di twitter yang memiliki follower banyak untuk menyebarkan virus ke follower mereka. Selebritis di sosial media tidak harus seorang selebritis beneran, melainkan orang yang memiliki pengaruh di sosial media baik facebook maupun twitter. Nah jika anda memiliki follower yang banyak bisa jadi anda akan dikontrak oleh perusahaan besar. Mau jadi selebritis di sosial media?
Youtube yang merupakan tempat berbagi video juga sudah mulai marak digunakan baik oleh orang pribadi maupun perusahaan. Adanya fasilitas sharing ke sosial media lain membuat Youtube semakin populer karena kemudahan orang berbagi ke teman-teman tentang hal yang menarik yang mereka dapat dari Youtube. Anda bisa mengupload hasil kreasi anda sendiri. Bagi perusahaan video-video seperti saat melakukan event bisa juga di upload ke media ini.
Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi deskripsi hubungan antara faktor-faktor baik faktor individu ataupun faktor lainnya terhadap komunikasi melalui internet. Dan juga bertujuan untuk mengetahui deskripsi hubungan antara komunikasi yang terjadi melalui internet dengan intimasi yang terbentuk. Dapat disimpulkan tingkat kontak dan interaksi melalui internet adalah rendah, sehingga tidak dapat menciptakan keterbukaan dan kepercayaan dari diri pengguna internet kepada orang lain, namun hasil tingkat kepedulian dan rasa sayang pengguna ternyata tergolong tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar